Update Template Fletro Pro v.5.5 Perubahan dan Penambahan Fitur

Daftar lengkap perubahan dan penambahan fitur baru bada pembaruan template Fletro Pro v5.5
Update Template Fletro Pro v.5.5 Perubahan dan Penambahan Fitur
jagodesain.com

Pada update ini kami memfokuskan pada penyederhanaan tampilan template serta lebih banyak memberikan space dan margin agar tampilannya tidak terlihat sibuk, beberapa element juga dibuat lebih berjarak anda mungkin akan menemukan beberapa widget memiliki space yang lebih besar dari tampilan sebelumnya

Beberapa fitur baru juga ditambahkan termasuk beberapa yang diambil dan disempurnakan dari template Median UI seperti Post tabs, Table of content dan sebagainya.

Sedikit perubahan tampilan

Perubahan tampilan dari template ini lebih banyak berfokus pada warna dan penambahan beberapa elemen serta penyederhanaan kode HTML beserta CSS nya, jadi jika diperhatikan struktur kode CSS pada update ini sedikit berbeda dengan versi sebelumnya. Ada juga beberapa fitur yang dihapus dari versi sebelumnya yang kami anggap kurang terpakai seperti widget chat whatsapp yang tidak cocok untuk sebuah blog.

Salah satu hal yang paling membedakan dari tampilan baru dengan versi sebelumnya adalah penambahan 4 unit widget pada bagian footer serta pemberian warna yang kontras dengan elemen utama.

Penambahan font baru

Kami mengganti dan menambahkan beberapa font baru pada template ini, pada bagian body atau teks utama font yang digunakan adalah 'Noto Sans' dan pada heading serta source code kami menggunakan Poppins dan Fira Mono seperti pada template Median UI.

Secara pribadi pengembang sangat menyukai font Poppins pada bagian heading karena itu font ini digunakan kembali pada template ini, tapi bukan berarti anda tidak bisa mengubahnya. Cara mengganti font pada template ini juga sama dengan Median UI, kami berusaha semaksimal mungkin agar source code pada template ini lebih mudah difahami bahkan untuk orang yang awam tentang bahasa program sekalipun.

Perubahan icon

Ikon pada template ini diubah menjadi lebih slim dengan warna yang lebih kalem agar tidak terlalu membuat mata cepat lelah, kami menggunakan icon karya dari Flexi Design pada pembaruan ini, anda bisa mendownloadnya melalui link yang tertera. Kami juga menambahkan beberapa daftar icon SVG langsung pakai yang bisa anda gunakan pada template ini.

Perubahan warna dark mode dan warna address bar

Warna dark mode juga dirubah menjadi lebih soft agar lebih nyaman dipandang mata, Kontras dengan warna bagian header yang dibuat lebih tegas, menurut kami warna ini adalah yang paling nyaman untuk dark mode tidak terlalu gelap sangat cocok untuk membaca dalam waktu lama

Support tag <P> pada postingan

Template ini sepenuhnya sudah mendukung tag <p> pada bagian posting juga pada script iklan tengan serta artikel terkait di tengah postingan.

Setelah mengupdate template Anda mungkin akan menemukan artikel terkait ditengah postingan serta iklan tengah postingan tidak muncul, hal ini karena script pada kedua widget tersebut sudah diubah yang awalnya tampil berdasarkan tag <br/> diurutan sekita menjadi muncul pada tag <p> pada urutan tertentu

Pembaruan postingan

Yang membuat pengerjaan update kali ini lebih lama adalah pembaruan pada bagian postingan, perubahan tampilan penambahan beberapa fitur postingan dan masih banyak lagi.

Diantaranya yang paling penting dan dibutuhkan untuk template premium adalah Dual language, kami menggunakan tag conditional untuk beberapa teks default pada template ini agar otomatis berubah jika bahasa utama tidak dipilih, misal contoh pada kalimat 'Share this article' Jika bahasa yang untuk blog adalah Indonesia maka kalimat yang muncul adalah 'Bagikan artikel ini' sebaliknya jika bahasa indonesia tidak dipilih maka kalimat yang muncul adalah "Share this article', kami juga menerapkan hal serupa pada kalimat bawaan template yang tidak ada di directori Blogger

Tabs post yang disempurnakan

Fitur ini adalah pengembangan lebih lanjut dari fitur tabs pada template Median UI, jika pada template Median UI anda hanya bisa menggunakan maksimal 2 tab, maka pada versi Fletro anda bisa menggunakan lebih dari 2 sesuai kebutuhan anda.

kekurangan dari fitur ini hanya satu yaitu tidak bisa digunakan pada versi AMP karena menggunakan javascript untuk mengaktifkan fungsi tabsnya yang awalnya menggunakan pure CSS dan HTML

Penambahan deskripsi postingan dibawah judul

Deskripsi postingan yang dimaksud bukanlah snippet, melainkan deskripsi penelurusan yang akan muncul di hasil pencarian nantinya. Anda bisa memunculkan fitur ini dengan mengaktifkan deskripsi penelusuran pada setelan Blogger

Penambahan snippet pada laman beranda

Snippet disini adalah kalimat awal pada postingan yang disetting hanya maksimal 130 karakter, snippet hanya muncul pada homepage dan halaman index. Anda juga bisa menyembunyikannya jika dirasa tidak membutuhkannya.

Penambahan table of contents otomatis dan semi otomatis

Bedanya dengan versi Median UI adalah kami memberikan tiga pilihan cara untuk menampilkan Table of content yaitu: cara manual, semi otomatis dan otomatis disetiap postingan. Anda bisa memilih menggunakan cara yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Untuk tutorial penggunaannya akan dibahasa pada artikel selanjutnya.

Mengubah tanggal publish menjadi last update

Perubahan ini tidak akan berpengaruh pada rich snippet, karena untuk rich snippet template ini menggunakan json. Perubahan tanggal publish pada bagian postingan disini hanya bertujuan untuk memberritahu kepada pembaca kalau artikel yang dibacanya selalu diupdate.

Penambahan estimasi waktu membaca artikel

Seperti pada wordpress, ditemplate ini kami juga sudah menambahkan script untuk mengakumulasi kemungkinan waktu membaca artikel. script ini kami dapatkan dari github.com/ajaymalik14/, script ini termasuk penting untuk pemingkatkan pengalaman pengguna / user experience. Beberapa situs besar juga sudah menggunakan fitur ini.

Perubahan tampilan di sebagian style pada postingan

Beberapa style postingan pada template ini juga sudah dirubah agar sesuai dengan nuansa template, kebanyakan style yang ada pada pembaruan ini mengikuti style dari Median UI, termasuk penambahan beberapa fitur yang ada pada template Median UI

Penambahan spoiler dan accordion pada postingan

Salah satu fitur yang diambil dari Median UI adalah fitur accordion dan spoiler yang ada pada template ini, untuk mencoba menerapkan fitur ini anda bisa membaca panduannya pada artikel ini

Penambahan opsi komentar Facebook

Jika sebelumnya hanya ada opsi komentar disqus pada pembaruan kali ini kami juga menambahkan komentar Facebook sebagai pilihan.

Modifikasi komentar Blogger v3

Kami bekerja keras untuk memodifikasi tampilan komentar Blogger agar menjadi lebih modern lagi, butuh waktu lama untuk memastikan semua fitur barunya bekerja dengan baik karena itu kami merasa puas dengan hasil akhir dari tampilan komentar baru ini.

Urutkan komentar dari yang terbaru

Hal pertama yang kami tambahkan adalah fitur sortir komentar, jika pada kometar Blogger standar komentar ditampilkan berdasarkan yang terlama ke terbaru, sekarang anda bisa mengubahnya menjadi menampilkan komentar terbaru diawal. Anda juga bisa mengubah urutan komentarnya secara permanen dengan cara yang mudah.

Merubah tanggal komentar menjadi Time ago

Agar tampilannya terlihat lebih bagus lagi kami mengubah format stempel waktu pada komentar dengan bantuan script time ago

Menambahkan gambar, qoute, dan kode html pada komentar

Tak hanya itu, kami juga menambahkan script yang kami dapat dari dte.web.id agar anda bisa menambahkan gambar, kode, dan quote pada kolom komentar.

Pada script aslinya juga tersedia fitur penambahan video namun kami hapus karena tidak terlalu penting untuk sebuah komentar blog

Pembaruan widget Blogger

Bebarapa widget default template ini kami rubah dari segi tampilannya seperti widget Profile, Popular post dan lain sebagainya.

Widget Profil

Mengikuti perubahan widget yang ada pada template Median UI, pada template ini kami juga menerapkan hal yang sama hanya style tampilannya yang berbeda

Eidget PopularPosts dan Label

Sama halnya dengan widget Profile, pada widget PopularPosts dan Label juga kami rubah. Sekarang widget label hanya menampilkan 4 label dan menyembunyikan sisanya untuk mengehemat ruang pada template.

Penambahan widget pada Footer

Ada empat widget yang ada pada bagian footer, widget LinkList untuk meletakkan link penting pada blog dan juga widget HTML untuk credit blog atau untuk menempatkan banner sponsor, pada contoh kami menambahkan banner DMCA pada bagian tersebut.

Saran dan masukan Anda sangat kami butuhkan untuk pengembangan template ini kedepannya. Dukung kami untuk terus mengembangkan template ini dan juga membuat template-template lain kedepannya dengan cara menggunakan/membeli template secara resmi. Kami ucapkan terimakasih banyak untuk Anda yang sudah membeli template ini.

You may like these posts

20 comments

  1. Unknown
    wow, makin cakep aja!!!
  2. Unknown
    Kembangin jadi thema buat wordpress biasa gak bro?
    • Maki M.
      Ada rencana untuk kedepannya juga buat untuk versi Wordpress
  3. Citogok
    udah update ya hu? Link updatenya di email saya kok belum ada. Masih versi 5.4 🙄
    • Maki M.
      Iya, file nya memang belum saya upload soalnya masih ada beberapa bagian yang belum rampung.
  4. Maki M.
    Percobaan komentar syntax
    Disini isi kode HTML
    • Maki M.
      <a class='button' href='Url_anda_disni'>Button</a>
  5. Maki M.
    Percobaan komentar blockquote
    Sebuah pekerjaan adalah pekerjaan, entah kami adalah seorang dokter atau seorang cleaning service, kamu tidak memiliki hak untuk menghina seseorang hanya karena kamu menghasilkan lebih banyak uang dari orang tersebut. Kita semua berusaha untuk menyediakan makanan di meja kita. Jadilah baik dan hargai pekerjaan orang lain.
  6. Maki M.
    Percobaan komentar gambar
    https://1.bp.blogspot.com/-EoybNVN9YBc/X8OaC-flN8I/AAAAAAAAQKE/D8hh3LGNlzM0bym6hdFUj5fOCQhRgtMoACNcBGAsYHQ/s0/fletro-img.png
  7. İlkay Gürler
    Thanks.

    Test.
  8. NASR
    i wan to buy this template bro "5.5"
  9. Gerry Atje
    Mantab
  10. Darma Tim Zidarma
    Pengen sih punya template ini, tapi udah beli template median ui, 4bulan yang lalu😁
    • Unknown
      Beli lagi aja anjay...
  11. sofanmax
    Lapor minor bug, untuk bagian "You may like these posts" thumbnailnya ada yang gak bisa muncul kalau gambar asli di arikelnya di resize (ganti size x-large,medium, large, etc), saya coba di https://poetmax.blogspot.com
  12. ADMIN
    How to buy this templates?
    • Tej Ma
      Add 082115132455 to your WhatsApp contact, I'll be glad to help you buying this theme directly to origin dev
    • Abdul Halim
      https://theme.jagodesain.com/2020/05/template-fletro-pro.html
  13. Devil
    Hello sir, "You May Like These Posts" is not showing in my blog. How can I fix it.
    https://1.bp.blogspot.com/-tL_fRG9WGR4/X_KIFO_jE2I/AAAAAAAAFbA/4mKFS1SXg7c3tZcjxBErrtH6RTqZ2jkTgCLcBGAsYHQ/s2048/Screenshot_2021-01-04-08-42-57-65.jpg
  14. uji coba template
    Related post untuk versi mobile kok gak muncul ya? Gimana cama memunculkannya?
  1. To insert a code use <i rel="pre">code_here</i>
  2. To insert a quote use <b rel="quote">your_qoute</b>
  3. To insert a picture use <i rel="image">url_image_here</i>
Tinggalkan komentar sesuai topik tulisan, komentar dengan link aktif tidak akan ditampilkan.
Admin dan penulis blog mempunyai hak untuk menampilkan, menghapus, menandai spam, pada komentar yang dikirim