Update versi 5.3 apa yang berubah?

Fletro Pro - Update versi 5.3 apa yang berubah?

Kami bekerja keras untuk pembaharuan ini selain memperbaiki beberapa masalah atau bug kami juga menyesuaikan serta menambahkan beberapa fitur agar template ini lebih mudah untuk digunakan.

dari segi tampilan mungkin tidak jauh berbeda dari sebelumnya, hanya saja fokus pada update kali ini lebih ke meningkatkan pengalaman pengguna dari template ini.


1. Penggunaan yang lebih mudah

Pada versi sebelumnya ada beberapa pengaturan yang mengharuskan untuk mengedit HTML template yang sangat menyulitkan terutama bagi orang yang awam tentang koding. Pada update kali ini kami berusaha meminimalisir hal ini, diantara yang berubah dari update kali ini adalah:

Warna 100% bisa diubah pada Desainer Tema Blogger

Kami memindahkan semua kode warna pada template ke Desainer Tema Blogger, jadi Anda bisa dengan leluasa mengubahnya sesuai keinginan dari mulai warna header sampai warna link.

Catatan:
Untuk versi AMP tidak bisa mengubah warna pada desainer tema, sebagai gantinya kami menggunakan CSS variable untuk menulis warna/lebar konten dan lainnya. Silahkan cari kode CSS dibawah ini dan ubahlah sesuai keinginan Anda.


/* Style warna dan font */
:root {
--lebar-konten: 1024px;
--lebar-sidebar: 300px;
--tinggi-header: 57px;
--tinggi-header-min: -57px;

--warna-bg-header: rgba(255,255,255,.98);
--warna-bg-tombol: #3a7bd5;
--warna-bg-popup: rgba(255,255,255,.98);
--warna-bg-popup-hover: rgba(248,248,248,.98);
--warna-bg-gambar: #ebeced;

--warna-utama: #161617;
--warna-teks: #505050;
--warna-teks-alternatif: #989b9f;
--warna-link: #3a7bd5;
--warna-link-hover: #989b9f;

--heading-font: 'Ubuntu', sans-serif;
--body-font: 'Roboto', sans-serif;
}


Mudah mengubah warna night mode

Warna bawaan untuk mode malam pada template ini adalah biru gelap, sebagian berpendapat warna ini nyaman untuk membaca ketika malam hari, sebagian lagi menginginkan warna lain yang bisa disesuaikan. Karna itu sekarang warna pada night mode ini juga bisa Anda ubah juga pada Desainer Tema Blogger.

Lebar yang bisa disesuaikan

Ukuran lebar konten pada template ini disetting 1024px, namun Anda bisa menambah lebarnya dengan maksimal 1200px termasuk lebar sidebar yang bisa Anda perkecil dibawah 300px. Tak hanya itu tinggi header juga bisa Anda ubah, defaultnya tinggi header dari template ini adalah 57px, anda bisa mengubahnya menjadi sedikit lebih tinggi atau sebaliknya.

Mudah mengubah font

Di update ini kami mengubah heading font yang awalnya berjenis serif, ke san-serif lebih tepatnya kami menggunakan font 'Ubuntu' sebagai heading dan Roboto untuk body nya. Jika Anda kurang menyukai font ini atau ingin bereksperimen dengan font lain yang ada di google font, Anda bisa mengubahnya langsung pada desainer tema dengan catatan Anda menambahkan kode font dari google font kedalam template Anda.


2. Lebih mudah kostumisasi widget postingan

Sebagian orang mungkin lebih suka menjadi penulis Anonim atau merahasiakan identitasnya dengan menggunakan nama pena atau sebagainya. Untuk itu widget postingan pada template ini sekarang bisa diatur secara penuh pada menu Tata Letak Blogger, apa saja yang bisa Anda ubah?

Fletro Pro - Lebih mudah kostumisasi widget postingan

  • Menampilkan atau menyembunyikan nama penulis beserta gambar pada artikel
  • Menampilkan atau menyembunyikan tanggal publish dan update artikel
  • Menampilkan atau menyembunyikan jumlah komentar
  • Menampilkan atau sembunyikan label pada akhir artikel
  • Menampilkan tombol berbagi atau menyembunyikannya
  • Menampilkan profil penulis dibawab pos

Silahkan bereksperimen dan lihat hasilnya pada blog Anda.

Menambahkan last update atau tanggal terakhir artikel diupdate

Ketika artikel diupdate otomatis tanggal pembaharuan akan muncul di bagian kanan bawah judul postingan.

Apa fungsi nya?
Untuk lebih meyakinkan pembaca kalau artikel yang Anda tulis masih relevan karena terkadang pembaca lebih senang membaca artikel terbaru ketimbang yang sudah rilis lebih lama

Mengubah schema breadcrumb agar lebih cepat terindex google

Sekarang pada breadcrumb hanya dibatasi maksimal 2 label yang tampil baik pada homepage ataupun postingan, tujuan nya agar schema breadcrumb lebih valid dan cepat terindex google, pada versi sebelumnya terkadang breadcrumb yang muncul pada hasil pencrian hanya 1 tingkat, di versi terbaru hal ini sudah diperbaiki dan sekarang breadcrumb akan muncuk maksimal 2 tingkat


www.nmablog.com > label1 > label2


3. Menghapus Jquery dan memperkecil ukuran CSS

Karna kami rasa jquery sudah tidak relevan pada template ini maka kami memutuskan untuk menghapusnya secara permanen, sisi baiknya loading blog sedikit menjadi lebih cepat karena script yang memblokir/memperlambat proses render blog dihapus.

Salah satu hal yang memperlambat dan perlu usaha keras pada update kali ini adalah penulisan ulang CSS yang bertujuan untuk memperkecil ukuran nya, kami membuang kode CSS yang tidak perlu untuk meringankan blog hasilnya tak hanya lebih ringan sususan kode CSS nya juga terlihat lebih rapih.

Menghapus kode javascript bawaan blogger

Satu-satunya alasan kami mempertahankan kode javascript bawaan blogger adalah agar tombol balas/reply pada komentar berfungsi, seperti yang diketahui tombol ini tidak akan berfungsi ketika javascript bawaan blogger dihapus.

Namun hal ini sudah bisa kami atasi, jadi untuk lebih meringankan template ini kami menghapus kode javascript bawaan Blogger.


4. Mengubah tampilan share button

Kami belajar dari versi sebelumnya dan menemukan jika tombol share pada versi lawas sangat sulit dikenali dan membingungkan karena menggunakan icon kecil, pada update kali ini kami mengubah tampilannya agar memperjelas pembaca dengan menampilkan tombol share utama yang lebih besar.

Untuk mempersempit pilihan pembaca, kami hanya menampilkan 2 tombol share utama yaitu facebook dan twitter dan menampilkan sisa nya dalam bentuk popup.

Dari segi User Experience hal ini sangat direkomendasikan karena pada dasarnya pembaca akan dengan senang hati membagikan artikel Anda jika dirasa itu menarik. Pada saat user ingin membagikan artikel Anda, memberikan pilihan yang membingungkan adalah kesalahan yang fatal.


5. Modifikasi komentar bawaan Blogger

Menambahkan lazy load pada gambar komentar

Akhir-kahir ini kami menyadari ternyata gambar pada komentar blogger mempengaruhi index/loading blog yang artinya semakin banyak komentar pada postingan Anda maka semakin lambat juga blog Anda di muat.

Untuk itu kami meodifikasi komentar bawaan blogger dengan menambahkan lazy image pada gambar komentar agar tidak memperlambat loading blog.

Menghapus otomatis semua link aktif pada komentar

Terkadang banyak spammer yang berkomentar pada blog dan menaruh link aktif pada komentarnya, hal ini tentu saja mengganggu jika Anda harus menghapusnya setiap saat, solusi pertama adalah moderasi komentar namun hal ini sedikit merepotkan dan buang-buang waktu.

Jadi kami menonaktifkan semua link yang ada pada komentar termasuk link profil blogger/google pada nama penulis komentar, link akan otomatis diubah menjadi teks ketika ada yang mencoba menulis link aktif pada komentar.

Menambahkan schema Comment

Kami juga menambahkan schema comment pada modifikasi ini, silahkan cek struktur postingan pada blog demo ini di Google Testing Tools maka Anda akan melihat jika komentar yang ada pada blog ini juga ikut terindex.

Valid AMP

Komentar modifikasi ini juga sudah valid AMP, hanya saja pada saat dalam mode AMP tidak bisa membalas komentar tapi Anda bisa membalas komentar saat dalam mode ?m=1


6. Memindahkan laman AMP ke ?amp=1

Pada versi amp pertama kami akui masih banyak kekurangannya diantaranya tidak bisa membalas komentar pada postingan, tidak adanya artikel terkait diakhir postingan, tidak ada iklan tengah pada postingan serta masih banyak lainnya.

Dikarenakan versi amp tidak menerima javascript maka solusi terbaik yang kami temukan adalah dengan memindahkan versi AMP ke ?amp=1

Artinya dalam mode AMP user akan difokuskan untuk membaca artikel Anda (mode baca), tanpa memperhatikan hal lainnya seperti berkomentar atau melihat artikel populer pada sidebar. Jika user ingin berkomentar atau membalas komentar maka akan dialihkan ke laman ?m=1 atau laman mobile standar Blogger

Dalam mode ?m=1 semua fitur yang menggunakan javascript masih tersedia seperti iklan tengah artikel, artikel terkait, tulis/balas komentar serta sidebar blog

7. Tampilan widget popular post yang lebih elegan

Terinspirasi dari widget popular post template linkmagz, kami mencoba memodifikasi widget popular post bawaan yang hanya akan menampilkan satu gambar utama pada saat thumbnail diaktifkan. Bedanya kami juga menambahkan label dan tanggal publish artikel pada widget ini, silahkan coba aktifkan thumbnail pada widget popular post dan lihat perbedaannya.

8. Lebih mudah mengedit widget chat whatsapp

Pada awalnya kami ingin menghapus widget ini, namun niat itu kami urungkan karena di sebagian pengguna template beranggapan widget ini masih berguna.

Perubahan yang kami lakukan pada widget ini adalah lebih mudah untuk mengganti nomor whatsapp pada widget yang awalnya harus diganti pada menu Edit HTML blog, sekarang bisa langsung diganti lewat Tata Letak Blogger.

Jika Anda tidak menyukai widget ini, daripada menghapusnya Anda bisa memilih untuk menyembunyikan widget ini dengan klik tanda centang 'tampilkan widget/javascript' pada menu tata letak blogger.



Itu saja update kali ini, jika ada saran atau masukan silahkan tulis di kolom komentar.

Baca juga

Posting Komentar