Fitur Split Halaman (Seperti Wordpress)

Fitur Split Halaman (Seperti Wordpress)

Salah satu fitur lain dari template ini yang layak Anda coba adalah split post seperti pada wordpress, fitur ini banyak digunakan oleh blog besar sebut saja seperti tribun dan sebagainya.

Fitur ini secara otomatis membagi sebuah postingan menjadi beberapa halaman. Cara kerja-nya cukup simple yaitu user hanya perlu menekan tombol angka halaman untuk membaca kelanjutan artikelnya.

Cara menggunakan fitur ini pun terbilang mudah hanya perlu menambahkan beberapa tag saja dalam artikel yang Anda buat maka otomatis postingan akan terbagi menjadi beberapa bagian.

Tutorial Membagi Postingan

Pertama-tama silahkan buat sebuah postingan dalam mode HTML Editor, fitur ini tidak bisa diaktifkan jika Anda membuat postingan dalam mode Compose.

Tambahkan kode <div id='postsplit'> pada awal postingan dan tambah kode </div> pada akhir postingan. tampilan kodenya seperti dibawah ini:


<div id='postsplit'>
// Tulis isi artikel Anda disini

</div>


Silahkan pergi halaman selanjutnya untuk membaca tutorial selanjutnya.

Masih pada HTML Editor, silahkan Anda masukkan kode <!--nextpage--> pada artikel yang yang Anda bagi, Jika digabung dengan cara pertama maka keseluruhan kodenya akan menjadi seperti dibawah ini :


<div id='postsplit'>
// Disini adalah isi artikel pada halaman pertama

<!--nextpage-->
// Disini adalah isi artikel pada halaman kedua

<!--nextpage-->
// Disini adalah isi artikel pada halaman ketida

</div>


Sebelum artikel diterbitkan silahkan klik pratinjau untuk melihat apakah fitur ini berfungsi atau tidak, Jika penulisan kodenya benar maka fitur ini akan otomatis bekerja seperti pada contoh postingan ini.

Catatan : Perlu diperhatikan sebenarnya cara ini kurang bagus untuk SEO karena membuat user ribet harus klik laman untuk membaca artikel selanjutnya, belum termasuk harus menunggu loading blog yang kadang memuat bosan. Secara pribadi penulis sendiri kurang menyukai menggunakan fitur ini sebagai contoh Blog Tribun yang memotong artikel pendek menjadi beberapa halaman, membuat penulis sangat malas membaca artikel dari blog tersebut.

Tips dari penulis buatlah konten/artikel yang simple tapi berbobot supaya user lebih nyaman, jika memang artikel tersebut panjang maka barulah Anda menggunakan fitur ini.

Posting Komentar