Tutorial Setting Horizontal Menu

Panduan lengkap setting horizontal menu yang terdapat dibawah header template flero pro
Tutorial Setting Horizontal Menu

Horizontal menu atau Main Menu adalah menu yang ada tepat dibawah header. Pada tampilan desktop, menu ini dimuat memanjang kesamping(horizontal) dan pada tampilan mobile akan otomatis dapat di scroll untuk menampilkan menu lain yang tidak terliha di layar seperti pada website atau blog besar semisal Kumparan, Medium dan sebagainya.

Menu ini dapat Anda setting secara otomatis atau manual(tambahkan atau hapus link satu-persatu), jika Anda perhatikan pada layout/tata letak blogger template ini terdapat 2 widget pada bagian menu ini. Widget Label(menu otomatis) dan Widget Linklist(menu manual):

Blogger Layout Menu - Horizontal Menu

Menu Otomatis

Cara paling praktis untuk setting menu ini yaitu dengan cara mengaktifkan widget paling atas(widget Label) pada gambar dan menyembunyikan widget lainnya. Caranya adalah klik edit atau klik icon pensil pada widget kemudian beri centang pada bagian Tampilkan Widget seperti gambar dibawah ini:

Blogger Layout Menu - Show WidgetBlogger Layout Menu - Show WidgetBlogger Layout Menu - Show Widget

Hilangkan centang pada widget kedua untuk menonaktifkan widget kedua jika masih aktif, dan lakukan cara sebaliknya jika ingin menampilkan menu secara manual.

Widget diatas adalah widget label yang artinya setiap label yang ada di blog Anda akan ditampilkan pada menu ini, tidak perlu buang-buang waktu untuk mengedit link menu nya satu-persatu, sangat mudah dan praktis terutama bagi Anda yang masih awam dalam blogging.

Manual (expert)

Cara kedua sedikit memakan waktu lama karena Anda harus menambahkan sendiri link menu-nya, kelebihannya adalah Anda bisa mengontrol link mana yang ingin ditampilkan serta dapat mengatur urutannya sesuai kehendak.

Aktifkan widget kedua (bagian bawah) dengan cara beri centang pada bagian Tampilkan Widget dan hilangkan centang pada widget lainnya dalam kelompok Horizontal Menu.

Tambahkan secara manual link beserta judulnya atau edit link default yang sudah tersedia dalam widget. Untuk bagian ini tidak perlu dijelaskan karena kami pikir sebagian besar yang membeli template ini sudah faham cara nya.

Silahkan uji coba satu persatu widgetnya untuk melihat perbedaannya.

You may like these posts

Comments

  1. Nguyễn Quang Sáng
    ukuran layar jempol tidak cukup lalu bagaimana cara memperbaikinya ???