Apa yang Baru Dari Template Fletro pro

Apa yang Baru Dari Template Fletro pro

Terdapat banyak perubahan besar-besaran pada update kali ini, yang paling menonjol adalah perubahan layout blogger yang awalnya masih memakai versi jadul menjadi versi 3 yang lebih modern dan mudah di kustomisasi. Tampilannya juga diubah menjadi lebih minimalis dan bersih dengan perpaduan palette warna yang lebih cerah serta layout post yang lebih rapi membuat user lebih mudah membaca konten blog Anda.

Layout pada template ini dibuat dengan memperhatikan UX(user experience) yang terinspirasi dari beberapa konten di Dribbble dan Medium. Pemilihan font dan ukurannya serta warna teks juga lebih dioptimalkan, warna dari Dark mode atau yang biasa disebut mode malam juga lebih dioptimalkan, dan semua ini akan terus ditingkatkan sesuai dengan feedback dari user serta kaidah UX terbaru.


Layout v3 dan Widget v2

Dari segi tampilan mungkin perbedaan dengan versi lama tidak terlalu mencolok, tapi dari segi kode HTML template ini 100% berbeda dengan versi terdahulunya. Salah satu kelebihan Layout v3 adalah lebih mudah di gunakan dan di modifikasi. Jika di bandingkan dengan versi lama, layout versi baru ini lebih ringan dan simple, widgetnya pun lebih mudah untuk di kustomisasi.

Complete Widget Style

Pada template ini sudah disediakan style widget yang lebih lengkap, secara default semua widget utama(penting) sudah terinstal pada template ini namun hanya beberapa saja yang diaktifkan. Anda bisa memilih untuk mengaktifkannya atau tidak, bahkan jika Anda menambahkan widget baru otomatis style-nya akan berubah sesuai dengan style bawaan template ini.

Berikut beberapa widget yang sudah dilengkapi style default pada template fletro:
  • Widget Author dan Multiauthor
  • Widget Follow by Email
  • Widget Label (Cloud / List)
  • Widget Popular Post (2 style) - Widget ini ditampilkan dalam 2 style berbeda yang otomatis berubah ketika thumbnail diaktifkan atau tidak.
  • Widget Feed (Default recent post Blogger)
  • Widget Archive (2 style - Hierarchy dan List)
  • Widget Contact

Adaptive Header

Bukan responsive, tapi header yang beradaptasi berdasarkan layar ketika blog dibuka. Terutama tampilan Header Menu yang terlihat sangat berbeda ketika dibuka pada tampilan desktop dan mobile. Dalam UX bukan hanya tampilan template yang diperhatikan tetapi juga kenyamanan usernya.

Adalah keputusan yang buruk menggunakan hamburger menu pada tampilan dekstop jika dilihat dari segi UX walaupun alasannya untuk mempercantik tampilan responsive blog.

Baca : Avoid the Hamburger Menu for Desktop Layouts

Dalam template ini header menu akan ditampilkan standar dengan dropdown, namun akan sangat berbeda ketika dibuka pada ukuran layar yang lebih kecil (mobile). Ketika dibuka pada mobile, tampilan menu akan berubah jadi hamburger menu serta dilengkapi dengan icon dan link social media. Semua menu akan diubah/digabung dalam satu blog termasuk Setting Menu, inilah perbedaan utama template ini dengan template premium lain.

Lebih Mudah Mengubah Warna Template

Terutama warna latar header, jika Anda jenuh dengan tampilan background putih pada header template ini, Anda bisa mengubahnya dengan mudah, ditemplate ini juga sudah disetiakan background warna (gradasi) pada header, yang perlu Anda lakukan hanyalah menambahkan class 'gradient' pada header. Silahkan lihat demo serta tutorialnya disini semua dijelaskan secara terperinci sampai cara mengubah warna gradasinya.

Warna lain dari blog ini juga bisa Anda ubah melalui editor template blogger tanpa mengedit HTML template Anda.

Search Block
Alih-alih hanya menampilkan input teks ketika menekan tombol search, template ini menampilkan blok penuh halaman pencarian. Tak hanya itu, dalam search block juga ditampilkan saran topik pencarian berdasarkan label.

Horizontal Menu
Bedanya dengan template sebelumnya adalah Anda bisa memilih otomatis menampilkan menu ini berdasarkan label atau mengeditnya secara manual. Yang perlu Anda lakukan hanyalah mengaktifkan salah satu widget pada bagian horizontal menu ini dan menonaktifkan widget lainnya.

Switch Post Layout

Salah satu fitur baru dari template ini adalah Anda bisa mengubah layout post pada halaman index (homepage, label dan search page) menjadi mode grid atau list. Sebagaimana Dark Mode, perubahan layout ini juga akan selalu diterapkan ketika Anda mengunjungi blog ini kembali sampai Anda mengubahnya sendiri.

Multipost Layout
Terdapat 2 Layout pada halaman posting, Anda bisa memilih layout standar atau fullread(menghilangkan sidebar) pada artikel dengan label tertentu. Contoh tampilannya bisa Anda lihat pada postingan ini.

Page Split
Anda bisa membagi artikel atau postingan yang panjang kedalam beberapa halaman berbeda. Fitur ini sering dijumpai pada blog Tribun dan afiliasinya. Penggunaannya pun sangat mudah, silahkan pergi ke postingan ini untuk melihat demo-nya.

Related Posts 5 Style

Widget Related Posts
Widget Related Posts
Widget Related Posts
Widget Related Posts
Widget Related Posts

Seperti gambar diatas, terdapat 5 style berbeda dari related posts yang bisa Anda coba. Perbedaan paling mencolok dari style related posts tersebut akan terlihat ketika dibuka pada tampilan mobile.

Widget ini juga sudah support lazy image, jadi Anda tidak perlu khawatir tentang loading blog.

Widget Chat Whatsapp

Untuk memberikan kemudahan user berinteraksi dengan admin, kami menambahkan widget chat Whatsapp yang akan tampil di semua halaman kecuali halaman posting karena pada halaman tersebut tombol chat akan digantikan dengan tombol Back to Top.

Untuk fitur tambahan lain tidak tersedia secara default pada template ini, melainkan disediakan secara opsional yang untuk menambahkannya Anda bisa mengikuti tutorial yang ditulis pada blog ini.

Beri Masukan atau Laporkan Bug

Bagaimana menurut Anda tentang update kali ini? apakah sesua dengan ekspektasi Anda?

silahkan tulis pendapat Anda atau laporkan bug jika Anda menemukannya di kolom komentar, Jika tidak ada halangan kami akan membalasnya secepatnya.

Log Update

Update : 20 Januari 2020
  1. Sedikit perbaikan kode CSS
  2. Perbaikan iklan atas dan bawah artikel muncul ditempat yang tidak sesuai
  3. Penambahan 2 slot iklan tengah artikel

10 komentar

  1. Bisa di buka dengan android tidak gan, menu tata letak nya, karena pakai 3 baris.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gimana maksudnya kurang faham saya.

      Hapus
    2. Intinya kalau di buka menggunakan hp android di menu tata letak, bisa support, gk. Ane nungguin rilis nya nih pak

      Hapus
    3. Owalah, iya bisa ko di buka dari hp

      Hapus
  2. Upload gambarnya masih sama dengan versi lamanya mas?
    Harus original size?

    BalasHapus
    Balasan
    1. udah gak mas, sekarang sudah bisa ukuran gambar apapun.

      Hapus
  3. ada slot ads di dalam post? dan related pos?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya da mas slot related(matched content), kalau untuk iklan tengah ini masih di update

      Hapus

Posting Komentar