All Style, Text and Writing Formats and Other Additional Features

Semua style, format teks dan penulisan serta fitur tambahan yang terdapat dalam template Fletro Pro

Salah satu kelebihan dari template ini adalah banyaknya style atau format teks serta layout postingan yang disediakan untuk membuat artikel Anda lebih keren lagi.

Perlu diketahui sebagian dari layout posting yang terdapat di template ini juga terinspirasi dari Medium.com, semua format teks beserta fitur lainnya akan dijelaskan lebih lengkap pada update kali ini. Kami sebisa mungkin ingin memastikan Anda tidak kecewa ketika membeli template ini.

Beberapa style dapat anda gunakan langsung dalam mode 'Tampilan menulis' dan beberapa lainnya hanya bisa digunakan dalam mode 'Tampilan HTML' tapi kami tetap berusaha agar penggunaannya tidak menyulitkan Anda.

Pada artikel ini kami hanya memperlihatkan contoh style postingan saja, untuk tutorial lengkap penggunaannya anda bisa pergi ke laman dokumentasi tema ini, jika anda adalah pembeli legal tema ini anda seharusnya juga dapat izin akses untuk mengunjungi laman dokumentasinya.

Image with Caption

Untuk bagian ini anda bisa langsung menggunakannya dalam mode 'Tampilan menulis', caption di gambar ini tidak akan terbaca pada deskripsi/snippet artikel.

All Style Typography and Format Posts
Caption_here

Image with Grid Layout

Construction of New Highway Langtang Tracking Major Attraction De Spain Preparations Boating Experience in Pokhara

Image with Show All Function

Digunakan untuk menyembunyikan beberapa gambar dan akan ditampilkan ketika user mengklik tombol 'Show All'. Fungsi Show All hanya dapat diaktifkan satu kali, Gambar tidak bisa disembunyikan kembali ketika Anda mengaktifkannya

Construction of New Highway Langtang Tracking Major Attraction De Spain Preparations
Boating Experience in Pokhara
Construction of New Highway Langtang Tracking Major Attraction De Spain Preparations Boating Experience in Pokhara

Image with Scroll Layout

Sama seperti layout gambar diatas, hanya saja pada tampilan seluler gambar akan di susun sejajar dengan tambahan fungsi scroll samping pada tampilan mobile.

Kami juga menambahkan efek smooth scroll pada fitur ini, Silahkan coba buka laman ini pada perangkat seluler anda:

Construction of New Highway Langtang Tracking Major Attraction De Spain Preparations

Manual Related Post

Penting untuk diketahui bahwa fitur ini ditulis secara manual, tidak otomatis tampil disetiap halaman.

Dikarenakan ada masalah pada script Related Posts in-Article yang tidak bekerja pada perangkat IOS maka kami memutuskan untuk mengubahnya menjadi manual.

Kelebihannya anda bisa menambahkannya pada paragraf manapun yang anda inginkan, jumlah link tidak terbatas dan judul related yang bisa anda ubah, juga semua link yang anda tambahkan pada artikel terkait ini akan ikut di index oleh robot pencarian sebagai halaman perujuk.

Post Break

Fitur ini dapat anda gunakan untuk memisahkan paragraf atau untuk membuka pembahasan baru dalam postingan, berikut contoh tampilannya:

Paragraph with Text Indent

Pada paragraf ini akan memiliki indentasi baris pertama, sederhanyanya untuk membuat sebuah kalimat yang ada di paragraf pertama menjorok ke dalam dengan nilai yang sudah ditentukan.

Anda bisa menerapkan fitur ke banyak paragraf sesuai kebutuhan

Paragraph with Drop cap

Merupakan huruf kapital besar yang digunakan sebagai elemen dekoratif di awal paragraf atau bagian. Ukuran batas turun biasanya adalah dua garis atau lebih.

Drop cap akan mengubah ukuran huruf pertama paragraf sehingga huruf tersebut turun satu atau beberapa baris ke bawah. Banyak jenis media cetak yang memanfaatkan drop cap seperti buku, majalah, koran dan sebagainya karena dapat menambah daya tari visual.

Blockquote

Harga teman adalah harga yang lebih tinggi dari harga normal karena bertujuan untuk membantu teman yang merintis usaha

—Ivan Lanin

Format style lainnya yang bisa Anda gunakan:

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Proin vestibulum dignissim diam, et efficitur felis commodo et. Mauris vel diam pellentesque lorem lacinia luctus. Nulla quam magna, pharetra in ultrices at, condimentum id tellus.
  • Sed suscipit sapien sed turpis ultrices viverra. Ut quis dui sed odio sollicitudin fermentum.
  • Aliquam vitae metus laoreet, dapibus enim sit amet, feugiat lorem. Sed in dui purus.

Table

Tabel pada tema ini sudah diset agar mendukung responsive, sebagai contoh jika jumlah kolom atau lebar tabel melebihi lebar layar maka agar tidak merusak layoutnya secara otomatis table akan memiliki fungsi scroll.

Silahkan buka artikel ini pada perangkat seluler anda dan sorot bagian tabel dibawah:

No Column_1 Column_2 Column_3 Column_4 Column_5
1 Data_table_1 00.000.000 0.000.000 0.000.000 0.000.000
2 Data_table_2 00.000.000 0.000.000 0.000.000 0.000.000
3 Data_table_3 00.000.000 0.000.000 0.000.000 0.000.000
4 Data_table_4 00.000.000 0.000.000 0.000.000 0.000.000

Manual Table of Content

Ada 2 pilihan yang bisa anda gunakan untuk menambahkan table of content atau daftar isi pada postingan, pertama secara manual dan yang kedua adalah semi otomatis.

Untuk penulisan manual anda harus menambahkan atribut id=' ... ' baru pada setiap tag heading yang ingin anda tambahkan ke daftar isi, kelebihannya adalah anda bisa memilih tag mana yang ingin ditambahkan walau penggunaanya mungkin akan sedikit sulit untuk pemula.

Ini adalah contoh daftar isi yang dibuat secara manual:

Semi Automatic Table of Content

Pilihan kedua ini akan menambahkan table of content secar otomatis di postingan anda, hanya kekurangannya akan menambahkan setiap tag heading kedalam ToC, urutannya mungkin akan berantakan atau error jika tag heading yang anda tulis teratur

Syntax Highlighter

Format ini digunakan untuk menuliskan baris kode HTML dalam postingan, biasa dipakai pada blog dengan tema koding atau tutorial blogging.

Berikut contoh tampilannya:

<!DOCTYPE html>
<html dir='ltr' lang='en'>
  <head>
    <title>Sample Page</title>
  </head>

  <!--[ <body> open ]-->
  <body>
    <p>Sample content here!</p>
  </body>
  <!--[ </body> close ]-->
</html>

Show Hide Button

Cara kerjanya hampir sama dengan ToC hanya saja anda dapat menambahkan konten lain dalam fitur ini seperti paragraf atau kode html

Spoiler:

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Proin vestibulum dignissim diam, et efficitur felis commodo et. Mauris vel diam pellentesque lorem lacinia luctus. Nulla quam magna, pharetra in ultrices at, condimentum id tellus.

Sed suscipit sapien sed turpis ultrices viverra. Ut quis dui sed odio sollicitudin fermentum. Aliquam vitae metus laoreet, dapibus enim sit amet, feugiat lorem. Sed in dui purus.

Accordion Menu

Berfungsi untuk menampilkan konten faq atau pertanyaan dalam blog, sering disebut dengan accordion menu

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Proin vestibulum dignissim diam, et efficitur felis commodo et. Mauris vel diam pellentesque lorem lacinia luctus. Nulla quam magna, pharetra in ultrices at, condimentum id tellus. Sed suscipit sapien sed turpis ultrices viverra.

    Ut quis dui sed odio sollicitudin fermentum. Aliquam vitae metus laoreet, dapibus enim sit amet, feugiat lorem. Sed in dui purus.

  • Morbi turpis arcu, eleifend a tortor quis, sagittis dapibus ipsum. Vestibulum in imperdiet arcu, eget fringilla libero. Aenean commodo, felis id fermentum pellentesque, risus elit efficitur augue, at lobortis libero ipsum quis nulla. Suspendisse imperdiet magna at tellus feugiat rhoncus.
  • Donec in massa vitae quam lobortis cursus. Donec tincidunt interdum ex ut finibus. Praesent at dui scelerisque, laoreet justo eu, egestas justo. Nullam dapibus, dolor quis blandit suscipit, massa odio hendrerit neque, at fermentum dolor tellus ac justo.

Catatan: Fitur ini menggunakan input Radio yang hanya akan membuka satu menu accordion dan otomatis menutup menu lainnya, jika Anda ingin semua menu terbuka sekaligus maka gantilah input Radio menjadi Checkbox

Note Block

Fitur ini berfungsi untuk menambahkan info penting, atau kalimat warning atau kalimat sorotan yang penting, ada dua style yang bisa anda coba silahkan lihat contoh dibawah:

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Proin vestibulum dignissim diam, et efficitur felis commodo et.

Warning!
Mauris vel diam pellentesque lorem lacinia luctus. Nulla quam magna, pharetra in ultrices at, condimentum id tellus. Sed suscipit sapien sed turpis ultrices viverra.

External Link

Jika ada link eksternal yang terdapat dalam postingan, anda bisa memberitahukannya kepada user dengan menggunakan fitur ini:

Sample_external_link
Sample_link_alt

Button Link

Tombol link yang dilengkapi dengan icon berbeda untuk tiap penggunaannya:

Standard_button

Tombol dengan icon download:

Download

Tombol dengan icon download (tanpa background):

Download

Icon lain yang tersedia:

Demo
Buy now
Whatsapp me

Catatan: Anda juga bisa menambahkan icon lain menggunakan <svg>

Dua tombol dalam satu baris:

Download Link

file_name.zip 200kb

Lazy Youtube

Berfungsi untuk memuat video youtube setelah halaman di scroll agar mempercepat loading blog

Menunda pemuatan iframe dengan lazysize

Post Reference

Berguna untuk menambahkan daftar referensi artikel yang anda tulis, contoh tampilannya adalah seperti dibawah ini:

Referensi:
www.jagodesain.com